Zangrandi, Tempo Gelato, dan Ragusa

Hai guys,

Pengen banget nih rasanya fokus sama blog dengan kegiatan travelling yang insyaAllah bakal dilancarkan mulai dari sekarang. Format penulisan dengan gaya penulisan ala ala traveller yang kondang hehe.. Gw kemarin sempat baca majalah tentang pesona Indonesia gitu sewaktu perjalanan menuju Surabaya-Jakarta weekend lalu. Dan fix banget setelah membaca itu, gw pengen fokus untuk menulis blog yang memberikan gambaran cerita singkat tentang perjalanan gw kemana pun gw pergi dalam situasi pekerjaan apa aja. Perjalanannya harus menyenangkan dan menyisakan cerita untuk dibagi di grup ini.

Dan gw juga lagi mulai bangun blog yang join sama wix.com. Gw belum tau juga siih semacam host blog gitu yang dikelola UK. Okay diblog sebelah gw udah sempet cerita perjalanan gw ke pulau Madura dan pengalaman pertama makan bebek Sinjay yang cihuuy abis (kalau mau baca klik disini ya...). Di laman blog gw tercinta ini gw mau agak santai berbagi sedikit pengalaman makan es krim. Yaps, Ice cream is one of my favorite dish. Nyum, nyum ngebayanginnya aja udah bikin hati bahagia, hahaha.. Karena menurut gw es krim itu adalah makan yang menyenangkan untuk merubah mood seseorang. Kan banyak ya pilihannya tuh, kalau gw prefer es krim atau kopi makanan/minuman sebagai moodboster.

Okay kita mulai perbandingan dari 3 es krim paporit di kota - kota besar di Indonesia yang udah pernah gw cobain, yaitu Ragusa, Gelato dan Zangrandi. Kita mulai dari Ragusa ya. Ragusa adalah kedai es krim italia yang bertempat di Jalan Veteran I. Kalau belum pada tau dimana jalan Veteran I, kalau misalnya pengguna kereta itu harus turun di stasiun Juanda lalu nyebrang pakai jembatan penyebarangan nanti melalui jembatan nah setelah jembatan itu kekiri, itu Jalan Veteran I atau disebrangnya persis hotel Amaris. Nah masuk ke jalan tersebut kalian bakalan liat sederetan bangunan tua dengan nuansa kota tua banget. Oke, masuk kedalam tokonya nuansa tua lebih terasa dengan tempat duduknya terbuat dari rotan dengan meja bundar ditengah, khas ruang tamu pada masa penjajahan. Penjualnya juga bukan anak muda tetapi orang tua yang cukup berumur, mungkin itu yang membawa resep dari jaman dulu hingga sekarang.

Oke selanjutnya kita bicara masalah tekstur eskrimnya. Gw kmrn mencoba eskrim vanila, kalau menurut gw pribadi es krimnya tidak terlalu manis yang menurut gw itu oke. Manisnya pas, karena kalau es krim vanila yang terlalu manis akan bikin eneg kan ya.. Lalu kalau misalnya teksturnya tidak selembut es krim McD, KFC atau Walls. Teksturnya lebih kasar, dan kerasa sekali es es yang membeku. Jadi dari es krim yang gw rasa kmrn seperti es krim tong tong abang abang yang tidak diblend secara halus. Tapi kalau segi nuansa dengan makan eskrim enak sih. Temen gw yang lain saat itu, makan es krim coklat kalau itu terasa lebih lembut siih dan coklatnya beneran kerasa coklat abis. Jadi kalau kesana lagi mungkin gw akan mencoba beberapa varian rasa yang lain selain vanila hehhee..

Untuk harga, untuk 1 scoop es krim disana kurang lebihnya seharga 15 ribu rupiah. Tapi untuk es krim lain, seperti banana split ataupun dengan topping topping lain antara 25 ribu - 50 ribu rupiah. Untuk penikmat tempat dan lokasi ngobrol disana lumayan siih. Bisa juga pesan sate atau somay disamping toko tersebut. Jadinya tetep kenyang sambil punya dessert ice cream hehe..

Kita akan pindah cerita ke Gellato, sebenernya gw ga tau spelling tokonya, Tempo Gelato, Gellato whatever deh yang pasti ada yang khas dari eskrim disini, yaitu bisa pake cone. Yaps, makan es krim pake cone itu kan berasa anak kecil banget dan menurut gw makan eskrim pake cone itu adalah cara makan es krim paling nikmat. Gw pertama kali jatuh cinta sama eskrim cone itu waktu kecil gw makan es krim Walls coklat. Itu pertama kalinya makan eskrim cone dan semenjak itu, tiap ada eskrim cone biarpun diabang abang tong tong, gw akan minta pake cone hehhee.. Kembali  lagi, kalau di eskrim gelato ini, conenya gede banget dan lw pasti kenyang banget makan 1 eskrim dengan 1-2 varian rasa yang bisa dicampur. Untuk 2 scoop es krim di cone kmrn gw membayar kurang lebih 25 ribu rupiah. Cukup terjangkau ya.

Kalau dari tekstur gelato lembut dan seperti ada rasa sentuhan gastronominya gitu. Jadi beku lebih lama dan memang enak banget dimakan sambil ngobrol. Kafe Tempo Gelatonya sendiri pasti ramai sekali. Selain memang lokasinya di Jalan Kaliurang yang deket banget sama Kampus UGM, kafe ini jadi salah satu tempat hits nongkrong anak muda. Ya kalau boleh pilih siih saya akan balik kesana lagi hehehe..

Last but not least kita akan bahas tentang es krim Zangrandi. Kalau Jogja punya Tempo Gelato, Jakarta punya Ragusa, Surabaya punya Zangrandi. Yaps, es krim terlembut yang pernah gw makan dan es krim coklaatnya luar biasa juara. Gw paling anti sama makanan yang manisnya bikin eneg, tapi es krim ini rasa manisnya pas, rasa coklatnya terasa deep banget dan memang itu favorit banget siih kalau menurut gw, udah ga ngerti lagi ngejelasinnya. Tempatnya lumayan cozy untuk sekedar menghilangkan dahaga siang dengan ngobrol cantik bin manis disana. Tapi untuk harga gw bilang agak premium dibandingkan dengan 2 es krim lainnya diatas. Kisaran harganya antara 20 - 50 ribu yang artinya lumayan merogoh kocek untuk sekedar snack siang. Tapi jangan salah porsinya banyak. Jadi kalau mau menikmati makan eskrim berdua dengan pacar atau istri bisa lah ya makan seporsi yang besar berdua. Tapi nyenengin banget siih makan disana karena suasana dan rasanya cucok banget untuk jajanan khas suatu kota. Pantas aja kalau toko ga pernah sepi pasti ada aja pengunjung. Untuk sedikit mengobati penjelasan gw yang ga jelas ini gw bagi sedikit foto yang gw ambil disana ya.. hahahhaa....


Suasana Didepan Toko Es Krim Zangrandi
Source : dokumentasi pribadi


 Toko Es Krim Zangrandi
Source : dokumentasi pribadi


Es Krim Coklat Favorit yang gw Cobain Kemarin
Source : dokumentasi pribadi

Oke gw sepertinya bukan orang yang sabar untuk menulis ulasan, karena kurang pengalaman dan tidak detailnya gw dalam memeperhatikan sesuatu. Yaps, kalau ada yang baca dan merasa tulisan ini aneh mohon dimaklumi karena gw sendiri nulis ini ga dalam satu waktu pasti aja ini tulisan jadi tiba tiba meloncat kedunia lainnya ketika dibaca hahaha...

Okee see ya later
Have a great day fellas... :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Learning Technologist? Apa itu?........................Part 1

3 Rekomendasi Buku yang Mengubah Pola Pikir dan Bagaimana Menjalani Hidup

Pagi dengan Hati yang Merindu......