Potret Jalanan Jakarta.... :(


Pagi ini gw akan sedikit berkeluh kesah tentang kemacetan di Jakarta. Menurut gw, ada 1 hal di Ibukota Negara kita ini yang tidak bisa diprediksi, bukan prediksi hujan, bukan prediksi ujian akhir, tapi yang ga bisa di prediksi itu adalah WAKTU dan KONDISI JALAN.

Bisa ada satu waktu perjalanan kekantor yang cuma 3 kilo itu berlangsung cuma 15 -25 menit menggunakan bus umum tapi juga bisa sampe 45 menit - 1 jam. Masya Allah banget kan. Bayangin hal yang paling penting dari suatu kota adalah waktu, ketepatan waktu. Tapi dibagian peri - peri kota tempat lahan perumahan berkumpul, pasti terjadi bottlenecking kendaraan yang menuju pusat kota disaat pagi hari dan menuju pinggir kota saat sore hari.

Separasi jalan untuk bus tidak bisa diterapkan karena jalan pada wilayah tersebut relatif lebih sempit dibandingkan dengan jalan jalan di pusat kota. Hal tersebut yang menyebabkan berkumpulnya kendaraan pada titik - titik pertemuan, yang ditambah lagi dengan lampu lalu lintas yang lama sekali karena persimpangan yang besar atau antrian kendaraan yang cukup panjang karena jaringan jalan hanya 2-3 lajur.

Jadi, maukah kita berubah. Hal yang perlu diperhatikan sekarang adalah bukan hanya pelayanan, safety tapi juga kapasitas jalan yang mempengaruhi waktu tempuh. Hal psikologis dengan membuat bus Trans Jakarta lebih nyaman mungkin sudah tidak menjadi jawaban atas permasalahan tersebut karena secara psikologis lama di jalan dan penuhnya bus trans di waktu sibuk, tidak dapat menjadikan pilihan kenyamanan untuk berangkat bekerja. Perlu diadakan gebrakan yang lebih menyeluruh dan komprehensif yang dapat menjadikan orang orang lebih memilih untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk menjangkau tempat bekerjanya.

Ketepatan waktu dan prediksi waktu kereta maupun bus saat ini telah mulai akurat, namun yang belum akurat adalah waktu tempuh perjalanan dan kondisi di dalam kendaraan yang sangat penuh ataupun bisa sebaliknya ( sangat kosong ).

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk negeri?
Apa yang sebenarnya sangat dibutuhkan dalam sebuah sistem transportasi?

Lets learn again.
Make a bussiness plan, and work with in.. :)

Have a nice Friday, fellas !!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Learning Technologist? Apa itu?........................Part 1

3 Rekomendasi Buku yang Mengubah Pola Pikir dan Bagaimana Menjalani Hidup

Pagi dengan Hati yang Merindu......