WHO ARE YOU???

 

Pernah menyesal sama yang sudah dilalui hidup?

Biasanya apa alasannya?


Malam ini gw baru sadar 1 hal yang sangat gw sesali selama menjalani lebih dari 30 tahun ini. Beberapa hal itu, seperti yang menghalangi gw melihat lebih dalam terhadap diri gw sendiri, atau mungkin kadang memandang rendah terhadap diri sendiri. Yang sudah pasti jelas bahwa itu memang bukan hal positif yang kita lakukan pada diri kita sendiri. Apa saja hal yang gw sesali belakangan:

1. Never Push My Limit.

Walaupun gw merasa cukup bekerja keras selama ini, namun hal yang gw sadari adalah gw ga pernah push my limit. Gw achieve sesuatu paling hanya di level 30-50%. Sedangkan hasilnya gw serahkan kepada penilaian orang terhadap gw. Mungkin itu yang membuat gw jadi kaum marginal dengan kompetensi yang biasa biasa aja. Sedangkan, secara ego gw merasa sudah mengerjakan dengan full 100% atau bahkan mencapai 150%. Tapi ternyata gw sadar bahwa itu hanya sebagian dari diri gw saja. agak sedih yaa...

2. Tidak Berani Mendengar Penilaian Orang

Poin ini gw rasakan sangat ada pada diri gw, bahkan saat ini sedang merasa ingin sekali keluar dari itu dan mengerjakan sesuai sesuai dengan apa yang gw pikirkan dan membuka mata orang lain bahwa apa yang gw pikirkan dan kerjakan itu adalah benar. Contoh simplenya adalah setiap ada presentasi gw ga berani maju, karena merasa apa yang dikerjakan belum sempurna, sehingga ga berani menunjukkan apa yang ada dipikiran kita kepada orang lain. Padahal seharusnya sampaikan saja apa yang kamu pelajari, sehingga apa ilmu baru yang masuk dari masukan orang akan membesarkan mu. Itu yang benar, dan sampai sekarang sangat disesali karena selalu melewatkan kesempatan untuk tampil dan menjadi orang yang bisa didengarkan bukan hanya menjadi pendengar

3. Tidak Mengenal Diri Sendiri

Poin ini yang paling membuat sedih sepanjang masa, karena ketika ditanya siapa saya, apa yang saya mampu, apa yang saya inginkan, tidak ada kata yang keluar, atau bahkan terbata bata untuk mempromosikan diri sendiri. Sadar sekali bahwa personal branding penting, namun tidak bisa membranding diri sendiri dan memberikan label tertentu pada diri sendiri. Selama ini label didiri saya hanya pekerja BUMN, apa hebatnya itu? Coba melihat hal baru sehingga ada label environtmentalist, atau swimmer, ataupun hal baik lainnya pasti akan menjadi membahagiakan didengar.


ahhh... ini hanya sebagain kecil dari keluh kesah hari ini. Tapi saya bahagia hari ini, berharap kedepannya akan ada kesempatan dan peluang untuk terus mengembangkan diri. Tidak ada kata terlambat, karena momentum seseorang kan pasti berbeda.


Selamat malam fellas..
Jakarta, 16 Maret 2022
Diatas bumi dibawah langit.. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Learning Technologist? Apa itu?........................Part 1

3 Rekomendasi Buku yang Mengubah Pola Pikir dan Bagaimana Menjalani Hidup

Pagi dengan Hati yang Merindu......